Selasa, 28 April 2020

Mengomentari Isi dalam Cerpen dan Fabel

Komentar adalah tanggapan yang ditujukan kepada karya seseorang yang tujuannya hanya untuk menerangkan atau menjelaskan dari karya seseorang itu. Karya yang dimaksud disini adalah karya yang bersifat infomasi, antara lain berita, artikel, cerita, pidato, persoalan, dll.
 Komentar adalah tanggapan yang ditujukan kepada karya seseorang yang tujuannya hanya untu Mengomentari Isi dalam Cerpen dan Fabel
Memperbaiki komentar terhadap suatu persoalan tidak hanya asal. Komentar hanya dapat disampaikan apabila sudah didapatkan informasi yang lengkap dari persoalan itu. Tidak hanya itu, komentar hanya dapat disampaikan jika mempunyai alasan-alasan yang logis atau masuk akal.

Cara menanggapi suatu persoalan ada tata caranya. Komentar dilakukan dengan sopan agar tidak menyinggung perasaan orang yang dikomentari. Tanggapan atau komentar juga disampaikan secara logis dan disertai alasan yang jelas.

Apabila dilihat dari jenisnya, macam-macam komentar dibagi menjadi tiga, antara lain;
  • Pujian, merupakan suatu pengakuan dari seseorang atas kelebihan atau kebaikan dari suatu karya. Pujian adalah suatu penghargaan dari si pemuji terhadap orang yang dipuji atas karyanya. Umunya pujian ini, diikuti dengan kata-kata hebat, luar biasa, wah, dll.
  • Saran, merupakan pendapat dari seseorang mengenai karya yang dibuat oleh seseorang. Saran berisikan tentang usulan-usulan dari seseorang yang perlu dipikirkan atau dipertimbangkan lagi. Umumnya diikuti dengan kata-kata seharusnya, sebaiknya, dll.
  • Kritik, tidak jauh berbeda dengan saran. Kritik merupakan pendapat mengenai baik buruknya suatu karya seseorang yang perlu dipertimbangkan atau dipikirkan lagi oleh pembuatnya. Kritik digunakan untuk mengungkapkan suatu ketidaksetujuan yang mengacu atau mengarah pada suatu yang lebih baik dan benar.